ikaln dekat menu

iklan

Komputasi Modern

Pengertian komputasi modern

Komputasi termasuk dalam pelajaran di bidang teknik informatika, Ilmu Komputasi dapat sering diartikan oleh banyak orang yaitu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Ilmu Komputasi juga termasuk dalam subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun yang lalu manusia melakukan perhitungan dan komputasi menggunakan pena(pulpen/Pensil/Alat tulis) atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel dan kertas. Karena perkembangan jaman yang semakin cepat maka, komputasi sekarang menggunakan sebuah mesin, yang bernama komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah maka disebut dengan Komputasi Modern. Komputasi modern biasanya digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, contoh masalah yang biasa dalam komputasi modern:

  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (dalam satuanHz)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA)
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).


Sejarah Komputasi Modern


Ilmuwan yang pertama kali menemukan konsep komputasi modern adalah John von Neumann, beliau ini adalah seorang ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern serta salah satu ahli matematika terbesar. John Von Neumann ini adalah seorang ilmuwan yang pertama kali mencetuskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori dan akhirnya konsep dia digunakan sampai saat ini untuk menjadi dasar arsitektur komputer.

John Von Neuman itu piawai dalam bidang teori game. Dari teori Game inilah akhirnya melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Beliau sangat jenius di bidang matematika, Kejeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann mempelajari matematika dan mendalaminya, pertama kali dilakukan pada musim panas setelah studinya di Berlin dan sebelum masuk ETH Zurich. Disini Dia menjadi seorang mahasiswa program doktor pada Universitas Budapest. Tesis doktornya bertemakan aksiomasisai teori himpunan (set theory) yang dikembangkan George Cantor. Pada masa itu, set theory merupakan salah satu topik ‘menantang’ di dunia matematika. Dan dia lulus studinya pada tahun 1926, dia lulus dengan dua gelar yaitu gelar S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest.

Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia adalah oramg yang merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Komputer yang dikonsepkan oleh Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.


Implementasi Komputasi Modern


Setiap konsep yang telah dibuat pasti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu juga konsep pada komputasi modern pun pasti diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Komputasi modern diterapkan atau di implementasikan dalam bentuk :

  • Mobile computing
  • Grid computing
  • Cloud computing

Sumber :

http://newprofil.blogspot.com/2011/02/komputasi-modern.html
http://www.ilhamsk.com/pengantar-komputasi-modern/
http://lindavirgo.wordpress.com/2011/03/07/komputasi-modern/


Komentar

iklan 2